Indonesia Juara

Knowledge is Power, The Best Education is to Empower

Up Grading Mentor – IJF Cab.Banjarmasin

Up Grading Mentor – IJF Cab.Banjarmasin

oleh Nimatul Abadiah, IJ – Banjarmasin

Banjarmasin bungas,

Ahad (29/4) kemarin, Alhamdulillah sudah bisa melaksanakan upgrading mentor dengan mengambil tema CURANMOR. Eits… bukan kasus pencurian motor. Tapi, “CURhat ANtar MentOR”. Upgrading Mentor bulan April kali ini dengan nuansa yang berbeda, yaitu berlokasikan di sebuah pantai karena pada upgrading sebelum-sebelumnya sering mengambil tempat di ruangan. Upgrading ini juga sekalian mengajak refreshing para mentor dan korwil untuk mengurangi berbagai macam kejenuhan.

Jarak tempuh perjalanan menuju lokasi sekitar 2 jam. Tiba di sana, setelah beristirahat sejenak barulah kegiatan upgrading dimulai dari jam 11 siang. Agenda pertama, berupa sharing antar mentor dengan membahas permasalahan-permasalahan yang terjadi pada saat pembinaan. Namun, sharing ini dikemas dalam sebuah game “Pesan Rahasia”. Di dalam game yang dipandu langsung oleh NFE Officer ini, para mentor mengambil satu potongan kertas lipat dimana di dalamnya ada perintah bagi mentor untuk melakukan sesuatu atau menjawab sebuah kasus yang diberikan. Antara mentor yang satu dengan mentor yang lain tidak boleh ada yang tau dengan pesan rahasia yang didapat masing-masing. Pesan rahasia yang diberikan ada yang berupa perintah untuk mendongeng ataupun menyampaikan materi pembinaan kepada mentor-mentor yang lain yang dianggap sebagai anak juara dalam pembinaan.

Selain itu, ada pula studi kasus yang sering terjadi pada saat pembinaan, lalu si mentor yang mendapatkan pesan itu harus memecahkan permasalahannya dengan memberikan solusi. Setelah itu, mentor yang lain juga diberi kesempatan untuk mengomentari atau menambahkan solusi yang lainnya. Dari game ini, banyak masukan pula yang diberikan masing-masing mentor. Mereka yang sering menemukan permasalahan atau kendala di lapangan, bisa terpecahkan oleh saran mentor yang lainnya.

Setelah shalat zuhur dilaksanakan, kegiatan selanjutnya yaitu games outdoor untuk me-refresh para mentor juara, yang mana games sederhana ini bisa diterapkan dalam pembinaan kepada anak juara sebagai hiburan menghilangkan kejenuhan pada saat pembinaan. Games yang dimainkan berupa :
1. Estafet Gelang Karet
Dari satu titik peserta membawa gelang karet menggunakan pensil di mulut dan diserahkan lagi ke peserta yang lain untuk dibawa dan dimasukkan ke dalam tongkat kecil di titik yang lain.
2. Tali Sambung
Mengikatkan dan menghubungkan potongan-potongan tali rafia dari satu titik ke titik yang lain dengan panjang yang sudah ditentukan, kelompok yang lebih dulu selesai menghubungkannya, mereka yang menang.
3. Kotak Rahasia
Mengeluarkan berbagai macam benda dari dalam kotak menggunakan kaki. Hal ini bertujuan mengetahui strategi yang digunakan seperti apa dari segi efektifitas waktu dalam mengeluarkan benda-benda yang ada di kotak itu.
4. Lempar Bola
Peserta yang satu melempar bola dengan cara berbalik badan dan melemparkannya ke peserta yang lain dengan cara membelakangi. Bola yang dilempar akan disambut oleh peserta yang lain menggunakan ember.

Itulah sekilas gambaran dari kegiatan upgrading yang dilaksanakan IJF Cabang Banjarmasin kali ini. Semoga para mentor dan korwil bisa lebih semangat dan bisa memberikan solusi-solusi terbaik dalam kendala yang dihadapi pada saat pembinaan. Untuk anak juara, untuk progress pembinaan yang lebih baik.

Berbagi itu… Gaya
Salam dari kota seribu sungai

Single Post Navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: