Indonesia Juara

Knowledge is Power, The Best Education is to Empower

Upgrading Jakarta Raya 2012″ Be a Superior with a Potential Empowerment”

Upgrading Jakarta Raya 2012″ Be a Superior with a Potential Empowerment”

oleh Ernawati, RJI – Jakarta Timur

Jakarta berjaya,
Mengupgrade diri sangat penting buat diri sendiri dan orang lain. itulah yang dilakukan oleh Non Formal Education. Bulan April 2012 ( 28/4)kemarin telah dilaksanakan acara Upgrading Mentor, Korwil dan Relawan se Jakarta Raya, bertempat di Balai Kantor MUI Depok, mulai dari Pukul 08.30 s/d 14.00.

acara yang berlangsung sangat seru, dengan pembicara yang LUAAARRR BIAASSAA pakar pendidikan kita dan Bapak buat orang-orang di Indonesia Juara Foundation yaitu Direktur IJF Pak Muh. Sobirin. Orang yang sangat lucu dan membuat para peserta sangat antusias dan aktif.

Acara Upgrading dimulai oleh MC dari Relawan Jakbar dan dilanjutkan tilawah oleh salah satu Mentor. Kemudian dilanjutkan Sambutan dari NFE Regional,acara diselingi oleh penampilan anak juara depok memainkan biola dengan sangat merdu, dan dilanjutkan kembali sambutan oleh kepala cabang depok.

Tak terasa pembicara sudah hadir di tengah-tengah para mentor dan korwil se Jakarta Raya. langsung saja pembicara kita tampil di depan. dan Mulai memberikan Materi tentang Be a Superior with a Potential Empowerment. Bagaimana si mentor bisa menciptakan suasana yang menyenangkan bagi si anak didiknya.

Setiap mentor harus memiliki sikap seperti :

•Menunjukkan cara-cara menjadi guru/dosen yang lebih/efektif

•Menguraikan cara-cara baru yang memudahkan proses belajar mengajar

•Menggabungkan unsur seni dan pencapaian tujuan yang terarah

•Melejitkan prestasi siswa/mahasiswa

•Penggubahan belajar yang meriah dengan segala nuansanya

Dijelaskan pula tentang azaz utama Mentor yaitu : “Bawalah Dunia Mereka kedunia Kita dan Antarkan Dunia Kita ke Dunia Mereka”. Setiap mentor harus bisa membawa suasana yang menyenangkan agar para peserta didiknya merasa dihargai, diperhatikan dll. Ada beberapa orkestrasi suasana yang menggairahkan bagi peserta didik seperti :

1.Kekuatan Niat : Niat mendidik yang jelas, Percaya akan kemampuan peserta didik dan percaya kalau peserta didik akan berhasil

2.Libatkan emosi dalam kegiatan Belajar

3.Jalinan rasa simpati dan saling pengertian

4.Rasa saling memiliki

5.Keriangan dan ketakjuban

6.Ambil Resiko ( keluar dari zona nyaman)

Pembicara menjelaskan materi dengan praktek langsung melalui games. semua peserta aktif mengikuti training kali ini. sehingga tak terasa waktu 2 jam telah berlalu.

setelah pembicara menyampaikan semua materi ada beberapa peserta yang tanya jawab terkait materi tersebut. setelah itu dilanjutkan dengan simbolis pemberian Plakat dari NFE Regional Jakarta Raya kepada Pembicara.

dilanjutkan dengan ISHOMA, dan diselingi dengan penampilan tim perkusi anak juara dari jaktim yang pernah juara 2 dalam lomba perkusi tingkat kota jakarta-banten tahun 2009 lalu. Setelah itu dilanjutkan dengan pemberian doorprize kepada peserta upgrading dan pengisian angket.

Semoga Upgrading selanjutnya kami bisa memberikan materi yang luar biasa sehingga para mentor dan korwil yang mendidik anak juara Rumah Zakat bisa terus mengupgrade dirinya dan selalu mengembangkan potensi yang ada sehingga keluar dari zona nyaman atau cara mengajar yang biasa-biasa saja.

Single Post Navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: