Indonesia Juara

Knowledge is Power, The Best Education is to Empower

Three in One… “Ramadhan+Anak+Rokok” Hmm… What’s Up ???-Banjarmasin

Three in One… “Ramadhan+Anak+Rokok” Hmm… What’s Up ???-Banjarmasin

oleh Nimatul Abadiah, IJ – Banjarmasin

Banjarmasin bungas,

Berpartisipasi dalam kegiatan di republik Rumah Zakat yang serentak dilaksanakan pada tanggal 27 Mei 2012 kemarin, Banjarmasin juga menghadirkan aksi yang sama seperti cabang-cabang yang lain.

Dalam rangka menyambut Ramadhan 1433 H yang sebentar lagi tiba, Rumah Zakat Cabang Banjarmasin mengadakan kegiatan tarhib ramadhan pada hari Ahad, tanggal 27 Mei 2012, yang bertempat di area Car Free Day, Banjarmasin dari pukul 07.30 – 08.30 wita. Selain kegiatan tarhib ramadhan tersebut, sekaligus juga memperingati Hari Tanpa Tembakau Sedunia (HTTS) yang diperingati setiap tanggal 31 Mei dan Hari Anak Sedunia (HAS) setiap tanggal 1 Juni.

Sebanyak 60 orang lebih yang turut berpartisipasi dalam kegiatan ini yang terdiri dari amil Rumah Zakat beserta keluarga, korwil, mentor, relawan ‘Oreners’, anak-anak juara dan mahasiswa STIKES Muhammadiyah Banjarmasin.

Kegiatan tarhib ramadhan ini bertujuan untuk mempersiapkan diri sejak sekarang, sejak bulan Rajab yang kita jalani ini agar nantinya juga siap dalam memasuki sebuah masa tarbiyah selama sebulan yang telah diprogramkan Allah secara rutin. Rasulullah SAW. pun senantiasa mempersiapkan diri dalam menghadapi Ramadhan ini sejak Rajab, salah satunya dengan memperbanyak puasa. Dan kita, tentunya juga harus melakukan persiapan-persiapan menuju sarana tarbiyah kita, Madrasah Ramadhan ini sehingga nantinya kita dapat memperoleh hikmah Ramadhan. Dalam prinsip manajemen manapun, kita akan temui tentang urgensi perencanaan. Maka begitu pula kita semua dalam menyambut Ramadhan, membutuhkan perencanaan yang matang.

Selain itu, Hari Tanpa Tembakau Sedunia (HTTS) yang diperingati setiap tanggal 31 Mei, mengajak kita semua untuk menerapkan pola hidup sehat dengan tidak merokok. Pemaknaan paradigma yang terjadi selama ini kebanyakan memang mengartikan Hari Tanpa Tembakau Sedunia (HTTS) adalah sama dengan “Hari Tanpa Asap Rokok atau Hari Tanpa Rokok Sedunia”. Memang betul tembakau sebagai bahan utama untuk pembuatan rokok karena banyak bukti negatif terutama masalah kesehatan kepada produk olahan tembakau yang biasa dikenal dengan “rokok”. Rokok merupakan salah satu faktor risiko utama terjadinya penyakit tidak menular seperti kardiovaskuler, stroke, penyakit paru obstruktif kronik, kanker paru, kanker mulut, dan kelainan kehamilan. Penyakit-penyakit tersebut merupakan penyebab kematian utama di dunia, termasuk di Indonesia.

Sesungguhnya dua kata ”tembakau” dan “rokok” memiliki arti atau makna yang berbeda. Selama ini kegiatan anti tembakau memang sering diartikan anti rokok. Melihat realita yang terjadi setiap peringatan HTTS tidak menutup kemungkinan bahwa sejarah yang kita kenal dengan “Hari Tanpa Tembakau Sedunia” akan bisa berubah menjadi sejarah baru dengan “Hari Tanpa Asap Rokok atau Hari Tanpa Rokok Sedunia”. Akan lebik baik jika kita benar-benar bisa menerapkan Hari Tanpa Rokok atau Hari Tanpa Asap Rokok Sedunia, bukan “Hari Tanpa Tembakau Sedunia” karena ternyata di tangan seorang peneliti bioteknologi, daun tembakau dapat dimanfaatkan bagi kesehatan. Bukan sesuatu yang tidak mungkin jika Hari Tanpa Tembakau Sedunia akan Berubah Menjadi Hidup Sehat dengan Tembakau dan menjadi Peringatan Hari Tanpa Rokok Sedunia.

Mengikutsertakan momentum Hari Anak Sedunia yang diperingati setiap tanggal 1 Juni dalam kegiatan ini mengingatkan kita kembali akan hak-hak anak.

Hari Anak merupakan hari yang istimewa karena merupakan bentuk penghormatan terhadap hak-hak anak. Konferensi dunia untuk kesejahteraan Anak yang dilakukan di Jenewa, Swiss, menetapkan tanggal 1 Juni sebagai Hari Anak Internasional pada tahun 1925. Tanggal 1 Juni dipilih karena hari itu bertepatan dengan konferensi di Jenewa yang membahas tentang hak-hak anak di seluruh dunia.

Dalam tiga rangkaian kegiatan ini, Rumah Zakat mengadakan jalan santai keliling area masjid Sabilal Muhtadin (area car free day) sambil membawa spanduk dan poster, bagi-bagi brosur, memunguti sampah yang berserakan dan mengadakan kegiatan penukaran rokok dengan snack atau minuman sehat.

Alhamdulillah… semua berjalan dengan lancar…

Keep strong in action for ummah…

Salam dari kota seribu sungai

Single Post Navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: